Amanda Setiorini

Amanda.my.id

Istana Pagaruyung

Rasanya tidak ada wisatawan yang datang ke Sumatera Barat tanpa mengunjungi Istana Baso Pagaruyung, atau lebih dikenal sebagai Istana Pagaruyung. Istana ini terletak di Kabupaten Tanah Datar, meskipun—seperti yang dikatakan pemandu saya—tidak ada tanah yang datar di daerah ini. Konon istana ini merupakan replika dari Istano Rajo Alam Pagaruyung yang dibakar Belanda pada tahun 1804—dan dibangun kembali pada tahun 1976.

Sayangnya, istana ini terbakar lagi pada tahun 2007, konon akibat disambar petir, dan baru-baru ini sajalah bisa didatangi kembali oleh wisatawan. Itu pun, ketika saya datang, bagian dalamnya belum terbuka untuk umum. Menurut pemandu, mereka masih kesulitan mendapatkan kembali isi istana seperti sebelum terbakar.

Bangunan besar ini memang tampak kokoh meskipun terdiri dari kayu. Ukirannya yang indah menempel di sepanjang dinding bagian luar. Kelengkapan lain di sekitar istana adalah lumbung untuk menyimpan hasil panen (rangkiang) dan semacam beduk yang biasanya digunakan untuk mengumpulkan warga (tabuah).

Dalam perjalanan kembali ke Padang, saya melewati Solok, sengaja untuk berkunjung sejenak melihat Danau Singkarak. Inilah danau terbesar di Sumatera Barat dan menjadi sumber tenaga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Singkarak. Saking luasnya, danau ini berada di dua kabupaten: Solok dan Tanah Datar.

Kalau mampir ke danau ini, tentu saja yang tak boleh dilewatkan adalah berbelanja ikan bilih (Mystacoleucus padangensis). Saya menyempatkan diri makan di rumah makan padang di sekitar Solok, menu ikan bilih cabai hijau hampir tak pernah terlewatkan.

Di sepanjang bibir danau, kita dengan mudah menemukan penjual ikan bilih. Bukan Cuma tempat penjualan, tetapi ada tempat memasaknya juga di tepi jalan. Jadi ikan bilih yang dibeli sudah dalam kondisi digoreng, kita tinggal membumbui sesuai keinginan. Mau mencoba menggoreng? Boleh saja. Tapi, ukuran wajannya tidak kecil, lho…

        

Iklan

1 Komentar

  1. Ikan bilih itu yg garing kayak kerupuk itu kan ya.. pertamaxxx…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: