Amanda Setiorini

Amanda.my.id

Tiga Cara Hidup Tanpa Stres

Kebanyakan orang menganggap bahwa hidup yang sibuk adalah hidup yang produktif dan efisien. Tetapi, kondisi ini juga menyebabkan tingkat stres tinggi yang pada gilirannya akan menurunkan produktivitas dan mencuri harta Anda yang paling berharga: kesehatan.

Karena itu, bahkan orang super sibuk sekalipun perlu memiliki waktu khusus setiap harinya untuk relaks.

Stop multitasking

Alih-alih mengerjakan tiga hal (atau mungkin lebih) yang berbeda sekaligus, Anda dapat mengelompokkan tugas yang serupa untuk dikerjakan pada saat yang sama. Misalnya, tetapkan 30 menit mulai pukul 9 pagi untuk mengecek email dan membalas telepon atau sms, dibandingkan Anda melakukannya keduanya secara bergantian sepanjang hari.

Menurut konsultan spa Sylvia Sepielli, ini merupakan cara mengorganisasikan pekerjaa untuk meningkatkan konsentrasi. “Dengan cara ini Anda menjadi lebih efektif dan tidak terlalu menguras tenaga. Anda menyelesaikan banyak hal tetapi tidak merasa terpecah-pecah,” urainya.

Waktu di luar ruangan

Ketika sekolah dulu, ingatkah Anda betapa senangnya saat waktu istirahat? Bukan hanya karena ingin bermain atau jajan, tetapi yang paling penting adalah keluar dari rutinitas dan mendapatkan udara segar. “Menghabiskan waktu di udara terbuka dapat mengisi ulang baterei Anda,” ujar Sepielli. Dan, kalau Anda sempat memperhatikan, spa di mana pun memiliki elemen outdoor.

Suasana paling nyaman tentunya di pagi hari, saat udara masih segar dan belum terlalu banyak kesibukan. Tetapi jika waktu ini tidak memungkinkan, carilah waktu lainnya untuk sekadar berjalan-jalan di taman atau duduk di teras rumah. Anda bisa melakukannya sambil membaca atau melakukan yoga, namun yang terpenting adalah membawa suasana alam terbuka dalam keseharian Anda.

Hargai diri sendiri

“Kami menjelaskan kepada para tamu bahwa dengan pengaturan, semua hal mungkin dilakukan,” ujar Emmanuelle Arroya, direktur Willow Stream Spa, “Kami bekerja dengan memecah tujuan utama menjadi beberapa tujuan kecil-memprioritaskan tugas terpenting dan terberat untuk dikerjakan dan menentukan hal-hal lain yang dapat didelegasikan atau dikerjakan dengan bantuan orang lain. Dan, selanjutnya kita hanya mengikuti daftar tugas yang telah dibuat.”

Setiap kali Anda menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan, rayakanlah selama beberapa saat. Sadari bahwa Anda telah mencapai sesuatu, ambil napas dalam-dalam, dan tersenyumlah. Kemudian katakan, “Tugas berikut!” dan Anda akan mengerjakannya dengan lebih ringan. Pada akhir daftar pekerjaan, Anda bisa tersenyum lebar dan bukannya berkeluh kesah kelelahan. Selamat tinggal stres!

Artikel di Conectique

Iklan

1 Komentar

  1. Karena kesibukan jugalah, maka baru hari ini saya coba buka wordpress. Dan dalam rangka mau belajar pulalah, saya membuka blog Mbak Amanda. Posting tulisan ini sangat cocok buat saya, dan benar juga…seharusnya saya tidak selalu membalas email dan sms setiap saat, karena berfikir ingin agar segera membereskan masalah, atau sekedar ingin melakukan appreciate kpd pengirimnya dengan membalas dengan cepat tsb. Tapi akhir-akhir ini pekerjaan membalas email dan membuka sms juga menyita waktu dan tenaga serta pikiran, otomatis, karena biasanya email dan sms tsb berisi setumpuk pekerjaan “permintaan penawaran, pertanyaan ini dan itu seputar pekerjaan” Thanks Mbak Amanda, saya harus belajar mengorganize waktu lebih baik…:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: