Amanda Setiorini

Amanda.my.id

Sisi-sisi Kehidupan JK Rowling dalam Dunia Harry Potter

Minggu ini demam Harry Potter kembali melanda dengan diputarnya film ketujuh tentang pertarungan penyihir yatim piatu itu dengan musuh bebuyatannya, Voldermort. Voldermort adalah penyihir jahat yang membunuh kedua orangtua Harry Potter, saat Harry masih bayi. Namun, sihir jahat Voldermort tak mampu menembus pertahanan terakhir yang mampu diberikan ibu Harry, Lily Potter.

Adalah JK Rowling nama sesungguhnya adalah Joanne Rowling yang menciptakan Harry Potter dan dunianya. Banyak orang menduga bahwa Harry Potter hanyalah imajinasi wanita kelahiran 31 Juli 1965 itu semata. Namun, jika melihat kehidupan JK Rowling sebelum hiruk pikuk Harry Potter ini dimulai, kita akan memahami bahwa kehidupan penyihir ganteng dengan bekas luka di dahi itu bukanlah khayalan belaka.

Ide untuk menuliskan kisah ini sendiri didapat JK Rowling dalam perjalanan berkereta api dari Manchester ke London di tahun 1990. Saat keretanya mengalami keterlambatan hingga empat jam itulah kisah anak laki-laki yang masuk sekolah penyihir terbentuk dalam pikirannya. Ketika diwawancarai The Boston Globe, JK Rowling mengaku tidak tahu dari mana datangnya ide tersebut. Ia hanya tahu bahwa sosok yang pertama kali terbentuk adalah Harry Potter, disusul oleh karakter dan situasi lain yang langsung membanjiri pikirannya.Pada bulan Desember 1990, ibu JK Rowling meninggal dunia setelah berjuang melawan multiple sclerosis selama 10 tahun. “Saya menulis kisah Harry Potter saat ibu saya sekarat dan saya belum sempat menceritakannya pada beliau,” ujarnya. Kematian ibunda tercinta sangat memengaruhi cerita yang ditulisnya. Karena itulah ia menambahkan begitu banyak detail mengenai kehilangan yang dirasakan Harry Potter setelah mengetahui tentang kedua orangtuanya. Ia tahu benar bagaimana rasanya mengalami kehilangan tersebut.

JK Rowling kemudian menikah seorang jurnalis televisi Portugis tahun 1992, melahirkan anaknya-Jessica-tahun 1993, kemudian bercerai. Ia pindah ke Scotland akhir tahun 1993, dan pada periode itulah Rowling didiagnosa menderita depresi klinis. Kehilangan ibu, melahirkan anak, kemudian bercerai dan harus membesarkan anak sendirian adalah penyebab depresi yang sulit dihindari. Depresi itulah yang memberinya ide untuk menciptakan Dementor, makhluk yang menyerap kebahagiaan dari setiap orang, pada buku Harry Potter and The Prisoner of Azkaban.

Ada banyak orang dalam kehidupan JK Rowling yang menginspirasi tokoh-tokoh dalam dunia Harry Potter. Kenangan JK Rowling akan kepala sekolahnya di St. Michael’s Primary School diwujudkan dalam sosok Albus Dumbledore, kepala sekolah Hogwarts. Hermione yang kutu buku mewakili pribadi JK Rowling saat berusia 11 tahun, sementara Ron Weasley terinspirasi dari sahabatnya, Sean Harris.

Mengapa memilih nama JK Rowling? Pemakaian nama itu sebenarnya akibat kekhawatiran pihak penerbit Harry Potter. Mereka khawatir anak laki-laki tidak mau membaca cerita yang ditulis oleh seorang wanita. Karena itu mereka meminta Joanne Rowling untuk membuat dua inisial. Karena tidak memiliki nama tengah, ia memakai nama nenek dari pihak ayahnya, Kathleen, sehingga terciptalah nama JK Rowling.

Kini, setelah seri Harry Potter meledak di pasaran, kehidupan JK Rowling berubah sangat drastis. Ia cukup kaya sehingga tidak perlu lagi mencemaskan kehidupannya dan anaknya. Dalam wawancara oleh Oprah, JK Rowling berkata bahwa hal terbaik yang dapat diberikan oleh uang adalah kebebasan dari rasa cemas. Sunday Times Rich List tahun 2008 memperkirakan hartanya sebesar 560 juta poundsterling, yang membawa ke posisi 12 dalam daftar wanita terkaya di Inggris. Sementara Majalah TIME menempatkannya sebagai salah satu Person of the Year tahun 2008, karena JK Rowling dianggap sebagai orang yang memberi inspirasi sosial, moral, dan politis.

Artikel di Conectique

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: