Amanda Setiorini

Amanda.my.id

Cara Mudah Membangun Kedekatan dengan Bayi

Selamat! Setelah penantian dan perjuangan Anda selama 9 bulan, kini si kecil telah hadir di tengah-tengah Anda berdua. Tiga bulan pertama merupakan masa yang sibuk bagi bayi dan orang-orang di sekitarnya. Meskipun bayi sudah dibekali dengan kesiapan untuk mempelajari dunianya, yang benar-benar mereka butuhkan sekarang adalah kehangatan, kenyamanan, makanan, dan kasih sayang dari Anda. Melalui cara inilah para orangtua membentuk ikatan dengan bayinya.

Sulitkah membentuk ikatan dengan bayi? Bagi sebagian ibu, jawabannya mungkin iya. Kelelahan setelah menjalani sembilan bulan kehamilan dilanjutkan dengan proses persalinan dapat menguras tenaga sang ibu. Apalagi jika ia mengalami depresi pascamelahirkan. Rasanya ingin sekali agar si bayi bisa diurus orang lain saja.

Bersabarlah, para ibu. Meskipun tampaknya berat, tiga bulan pertama adalah masa yang penting untuk membentuk kedekatan dengan bayi. Berusahalah untuk selalu berdekatan dengannya, meskipun Anda mungkin perlu mendapat bantuan orang lain untuk kegiatan yang berat, seperti menyiapkan keperluan mandi bayi.

Menyusui adalah cara termudah untuk membentuk ikatan, karena berdekatan dengan orang yang merawat mereka adalah hal yang paling menyenangkan untuk bayi. Dengan cara inilah ia mengenal siapa Anda. Memberi ASI eksklusif selama enam bulan adalah cara paling ampuh untuk mendekatkan diri dengan bayi. Meskipun Anda telah kembali bekerja, susui sendiri bayi ketika Anda sudah pulang. Pemberian ASI dengan botol hanya berlaku saat Anda tidak di rumah.

Jangan lupa bahwa bayi yang baru lahir biasanya senang menatap wajah, meskipun ketika lahir jarak pandangnya masih sangat terbatas. Berikan mereka kesempatan untuk mengenali wajah Anda. Nantinya ia akan menunjukkan ekspresi senang saat melihat wajah Anda.

Bersuaralah, bercerita atau bernyanyi, saat menggendong bayi. Pada usia ini bayi sangat sensitif terhadap suara dan dapat mendengar dengan baik. Jangan membuat suara yang keras karena dapat membuatnya takut. Berbicara dengan bayi yang sangat kecil sekalipun dapat membantunya mempelajari suara dan ritme pembicaraan sehari-hari. Penelitian menunjukkan bahwa umumnya bayi juga menjadi rileks saat mendengar suara latar yang berirama, misalnya pengisap debu atau pengering rambut.

Bagi bayi, mandi bukanlah perkara membersihkan tubuh. Ini adalah kesempatan untuk bermain di air dan merasa dekat dengan orang yang memandikannya. Jika Anda memandikan bayi sambil tersenyum dan berbicara dengan lembut, Anda membuatnya yakin bahwa hal-hal yang dialaminya adalah rutinitas yang wajar. Sebagian besar bayi biasanya dapat ditenangkan dengan mandi air hangat.

Pijat bayi adalah cara lain untuk membentuk ikatan dengan si bayi. Waktu yang paling tepat untuk memijat bayi biasanya setelah ia mandi. Tetapi, tidak ada aturan yang pasti untuk ini. Lakukan pemijatan saat bayi dan Anda merasa nyaman. Pijat kaki dan tangan bayi ke arah bawah, lalu balikkan bayi dan pijat punggungnya dengan lembut. Ajak bicara agar bayi lebih santai, dan bungkuslah dengan handuk agar lebih hangat sebelum memakaikan baju.

Bagi para ibu yang kurang beruntung karena tidak mendapat bala bantuan setelah melahirkan sehingga harus mengerjakan pekerjaan rumah sendiri, kedekatan dengan bayi tetap dapat dibentuk. Selain cara-cara di atas, masih banyak kesempatan untuk beraktivitas bersama bayi. Yang penting adalah melakukan segala sesuatunya bersama si kecil, atau setidaknya ia di dekat Anda.

Jika Anda perlu menyiram tanaman, misalnya, gendonglah si bayi bersama Anda. Hanya perlu dipastikan bahwa ia berpakaian lengkap sehingga tidak digigit serangga. Bernyanyi dan ajaklah ia bicara selama bekerja. Kedekatan dengan tubuh Anda sambil mendengarkan suara Anda merupakan hal yang terpenting untuk membangun ikatan dengan bayi.

Namun, jika Anda perlu memasak, misalnya, tentu tidak dianjurkan membawa bayi ke dapur. Letakkan dia di kereta bayi dan bawalah sedekat mungkin (tapi tetap aman) dengan tempat Anda memasak. Ia masih tetap dapat menikmati suara dan keberadaan Anda di sekitarnya. Tentu, masih banyak cara lain untuk membangun kedekatan dengan bayi tanpa perlu meninggalkan kesibukan Anda. Justru saat menjadi orangtualah kita dituntut untuk lebih kreatif, bukan?

Artikel di Conectique

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: