Amanda Setiorini

Amanda.my.id

Mengajak si Kecil Bermain di Luar Rumah

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak belajar paling baik jika mereka mendapat kesempatan untuk mencoba pengalaman baru secara rutin, dan berada di luar rumah memberi mereka kesempatan untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang dunianya yang baru. Tentu, bayi akan mengambil setiap kesempatan yang ada untuk mengeksplorasi banyak hal. Jika memungkinkan, biarkan bayi menghabiskan waktu di ruangan terbuka sesering mungkin.

Anda dapat mengajak berjalan-jalan di taman kota, mengunjungi toko, atau sekadar berjalan-jalan sore di sekitar rumah. Hebatnya, bayi akan selalu menemukan hal-hal baru yang menarik perhatian dan menyenangkannya, meskipun ia hanya duduk manis di tempat khusus dalam troli belanja Anda.

Saat mengajak bayi berjalan-jalan, Anda perlu menyiapkan waktu khusus agar ia bisa berjalan secepat atau selambat yang diinginkan. Jangan heran kalau ia ingin menutup setiap gerbang yang dilaluinya di taman, atau berhenti dan menepuk kucing yang sedang berjemur.Itu adalah caranya mengeksplorasi dunia. Anda cukup mengawasinya agar aktivitasnya tidak menjadi berbahaya.

Bermain Pasir

Ini adalah salau satu permainan yang disukai bayi. Ia senang mencoba menggenggam pasir dan merasakan teksturnya, menggali dan menyendok pasir untuk memasukkannya ke mangkuk plastik, atau memakannya jika Anda tidak waspada. Pastikan ia bermain dengan pasir mainan atau pasir pantai, bukan pasir untuk bahan bangunan. Sebaiknya Anda tidak meninggalkan bayi sendirian dalam bak pasir dan lindungi kulitnya dengan tabir surya.

Ajaklah bayi mencari mainan yang separuh terkubur pasir. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga menyempurnakan keterampilan motorik halusnya untuk ‘mengambil’ benda menggunakan jari-jari mungilnya. Anda dapat pula mengajarkannya membuat istana pasir kecil dengan cara mencetak pasir ke dalam mangkuk plastik. Setelah mahir melakukannya, ia juga segera mengetahui bahwa menghancurkan istana pasirnya tidak kalah menyenangkan!

Bermain Bola

Bola adalah mainan serba guna untuk di mana saja; kolam renang, lapangan, bahkan kebun kecil. Menguasai keterampilan seperti mengambil dan memegang bola, atau menggulirkannya ke orang lain, membutuhkan banyak latihan. Pada awalnya Anda dapat menggunakan bola yang cukup besar. Jika bayi Anda sudah lebih mahir, gunakan bola yang lebih kecil.

Pada anak yang masih kecil, Anda dapat menelungkupkannya di atas bola besar dan menggelinding perlahan ke depan dan ke belakang. Tentu, jangan tinggalkan ia dalam kondisi ini. Ia akan senang berayun-ayun lembut dengan posisi yang berbeda dari biasanya. Sementara jika ia sudah dapat duduk, duduklah berhadapan dengan bayi dan mintalah ia menggulirkan bola ke arah Anda. Setiap kali ia berhasil, perjauh jarak duduk Anda.

Menendang melibatkan kemampuan berdiri dengan satu kaki yang sangat rumit. Meskipun buah hati Anda sudah dapat berjalan, menendang bola bukanlah perkara mudah. Ajaklah ia menendang sambil Anda tetap memegang tangannya. Jika ia sudah lebih stabil berdiri dengan satu kaki, Anda dapat mulai melepaskan pegangan, namun bersiaplah di sekitarnya bila ia terjatuh.

Bermain Air

Kolam plastik yang mudah dibuka kini semakin banyak tersedia. Kalau dulu Anda harus memompa bagian pinggirnya, sekarang sudah banyak yang bisa langsung digunakan. Bermain air hangat dalam kolam kecil bagaiman mengembalikan bayi kel lingkungan awalnya. Ia akan bersemangat memukul-mukulkan tangannya ke air.

Beri bayi mangkuk atau mainan plastik, ia akan senang mencoba mengisi, mengosongkan, dan memindah-mindahkan air dari satu mangkuk ke mangkuk lagi. Siapku pula mangkuk dengan lubang-lubang kecil di bawahnya, agar ia dapat melihat air mengucur.

Anda juga dapat mengajaknya bermain mengumpulkan batu-batu kecil di air. Tentunya, untuk permainan ini airnya tidak boleh terlalu dalam agar anak Anda dapat menjangkaunya. Hitunglah setiap batu yang ditemukan anak. Ini akan menjadi pelajaran berhitung pertama yang menyenangkan untuknya.

Jika ia sudah dapat berjalan, Anda dapat mengajaknya menyiram tanaman di pagi atau sore hari. Ajarkan ia mengarahkan selang air ke tanaman-tanaman dalam pot untuk melatih konsentrasinya. Setelah mahir, jangan terkejut jika bajunya lebih cepat basah daripada tanaman Anda!

Artikel di Conectique

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: