Amanda Setiorini

Amanda.my.id

Rumah Pasir

Ini adalah pertunjukan Teater Koma yang ke-120. Tema ceritanya tentang HIV/AIDS dan penyebaran informasi seputar penularan penyakit tersebut dan bagaimana dampaknya dalam kehidupan seseorang.

Dimulai dengan Leo yang terbaring sakit karena kekebalan tubuhnya lemah akibat AIDS dan ia menderita TBC berat. Ingatannya kembali ke masa lalu, waktu dia masih sehat, seorang pengusaha sukses yang dikelilingi banyak wanita. Saking banyaknya wanita yang ingin bersamanya, Leo tidak menyadari besarnya cinta Wieske (sekretarisnya) kepadanya. Leo menjadikan Wieske hanya sebagai salah satu wanitanya. Bahkan, sudah 3 kali Wieske memergoki Leo dengan wanita lain, dan ia tetap tidak menuntut apapun.

Saat tak berdaya di rumah sakit itulah Leo menyadari bahwa tidak ada orang yang mau mendekati penderita AIDS. Semua orang menjauh, takut tertular. Termasuk para wanita yang dulu berebut berada di sisinya. Hanya orangtuanya, sahabatnya Nirwanto, dan Wieske yang bersedia mendampingi hingga akhir hayatnya.

Lalu, Wieske ternyata hamil. Dia tidak mau menggugurkan kandungannya, tapi bersedia menerima obat untuk meminimalkan penularan penyakit itu kepada bayinya. Wieske pun mengalami penolakan dari keluarganya. Untungnya, ia diterima dengan tangan terbuka oleh keluarga Leo.

Kisah ini ingin memberi tahu bahwa seseorang tidak akan aman dari AIDS hanya karena berhubungan intim dengan wanita nonpelacur. Dan, karena penularannya melalui hubungan intim, sebaiknya penderita AIDS tidak dijauhi. Kesepian dan rasa terbuang itu bisa memperburuh kondisi tubuhnya.

Yang jelas, dibutuhkan keberanian untuk mengakui dan menghentikan penyebaran AIDS. Seperti dalam kisah ini, setelah mengetahui dirinya positif, Leo tidak lagi berhubungan intim agar tidak menulari orang lain. Demikian pula kesadaran Wieske untuk melindungi bayinya, termasuk dengan tidak memberikan ASI.

Nah, semua itu hanya menggambarkan keadaan. Tapi, sosok yang paling kuat di sini justru Wieske dan dr. Tatyana. Dari merekalah tampak gambaran kesulitan yang terjadi di lingkungan ODHA (orang dengan HIV/AIDS), termasuk keberanian mereka untuk mengatasi ketakutan dan keputusasaan.

Category: Other
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: