Amanda Setiorini

Amanda.my.id

STAY IN SHAPE WHILE EXPECTING

“Making the decision to have a child is momentous.  It is to decide forever to have your heart go walking around outside your body.”

~Elizabeth Stone

Apa yang Anda rasakan ketika melihat tes kehamilan Anda menunjukkan dua garis merah? Sebagian besar kehamilan disambut dengan suka cita, meski kadang dihinggapi juga perasaan cemas dan bingung.  Apalagi jika ini merupakan kehamilan pertama.

Secara psikologis, kekhawatiran ini lebih sering terjadi karena Anda tak benar-benar paham apa yang terjadi pada tubuh Anda serta gaimana menjalani kehamilan yang sehat bagi Anda dan sang janin. Apalagi mitos-mitos yang sering kita dengar kerap justru ‘memperkeruh’ suasana hati. Padahal, sebagai orangtua kita tentu ingin memberikan yang terbaik pada buah hati sejak dalam kandungan, bukan?

Meskipun ada beberapa hal yang perlu disesuaikan agar dapat melalui sembilan bulan yang indah ini dengan nyaman, Anda tak perlu terlalu khawatir. Karena salah satu ‘resep’ memiliki anak yang sehat dan bahagia adalah menjadi ibu yang sehat dan bahagia pula di masa kehamilannya.

Perubahan Pada Tubuh Anda

Secara umum kehamilan sering dibedakan dalam tiga tahap, yaitu usia 0-12 minggu (trimester pertama), 13-28 minggu (trimester kedua) dan 29-40 minggu (trimester ketiga).

Trimester pertama

Saat hasil pembuahan tertanam dalam rahim dan plasenta terbentuk, tubuh mulai menyiapkan diri untuk menjalani kehamilan. Sejumlah hormon yang menggawangi proses kehamilan, melahirkan hingga menyusui mulai berfungsi, antara lain:

1.    Estrogen; merangsang pertumbuhan payudara, mengendurkan jaringan untuk menunjang proses pembesaran perut dan memperkuat dinding rahim untuk mengatasi kontraksi. Namun estrogen juga dapat menyebabkan jaringan dan sendi tubuh melemah sehingga Anda kerap mengalami nyeri punggung.

2.    Progesteron; menghambat kontraksi selama masa kehamilan, menebalkan dinding rahim untuk membangun plasenta, mempengaruhi peningkatan suhu tubuh, mempersiapkan payudara untuk fase menyusui dan mempengaruhi suasana hati. Namun progesteron juga menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga aliran darah melambat dan membuat Anda mudah pusing, mual dan muntah, menurunkan gairah seks serta memperlambat kerja sistem pencernaan yang menyebabkan Anda sering mengalami kembung dan sembelit.

3.    HGC (Human Chorionic Gonadotropin); mempertahankan korpus luteum –bagian yang menghasilkan hormon estrogen dan progesteron- hingga plasenta terbentuk dengan sempurna. Hormon ini terbentuk dari jaringan bagian luar janin pada saat awal pertumbuhan janin dan plasenta.

4.    Placental Lactogen; merangsang pertumbuhan janin, juga mengubah metabolisme karbohidrat dan lemak sesuai kebutuhan janin. Sesuai namanya, hormon ini dihasilkan oleh plasenta.

5.    Oksitosin; merangsang kontraksi saat persalinan. Setelah kelahiran, hormon ini berperan mengalirkan air susu dan kontraksi rahim saat ibu menyusui yang mempercepat penyusutan rahim.

6.    Prolaktin; meningkatkan jumlah sel yang menghasilkan air susu ibu. Hormon ini juga menghambat proses pematangan sel telur sehingga diharapkan dapat menghambat kehamilan selama ibu masih memberi ASI secara eksklusif.

Usia awal kehamilan ini sering dianggap sebagai masa transisi yang tidak menyenangkan. Perubahan hormon mengakibatkan Anda sering merasa pusing dan mual apalagi jika mencium aroma yang tidak menyenangkan. Payudara juga bertambah besar sehingga bra terasa tak nyaman dikenakan. Rahim yang juga membesar mengakibatkan ukuran celana atau rok tidak pas lagi meskipun berat badan belum benar-benar bertambah. Pembesaran rahim biasanya juga menekan kandung kemih sehingga merasa sering ingin buang air kecil. Dan, karena tubuh bekerja keras menyesuaikan diri dengan kondisi baru ini, Anda akan merasa lebih cepat lelah dan cenderung emosional.

Bagaimana mengetahui usia kehamilan Anda? Secara konvensional Anda ‘terhitung’ hamil sejak hari pertama haid terakhir Anda. Namun tentu saja cara ini dapat diterapkan pada wanita dengan siklus haid teratur, kurang lebih 28 hari. Jika siklus Anda tidak teratur, usia kehamilan dapat diketahui dengan menggunakan ultrasonografi.

Trimester kedua

Pembentukan plasenta telah selesai di usia 13 minggu dan mulai bertugas mengalirkan zat dan oksigen dari darah ibu ke janin. Setelah itu, di usia 20 minggu plasenta akan mengirimkan zat kekebalan tubuh pada janin agar dapat menangkis gangguan kesehatan setelah dilahirkan.

Melewati usia 12 minggu, rahim telah membesar melewati rongga panggul. Diperkirakan pertambahan besarnya mencapai 1 cm setiap minggu. Saat mencapai usia 20 minggu, umumnya bagian atas rahim sejajar dengan pusar. Itu sebabnya pusar Anda mungkin akan menonjol keluar. Di usia ini pula Anda umumnya mengalami penurunan tekanan darah. Namun menjelang persalinan, tekanan darah cenderung kembali normal. Peningkatan tekanan darah merupakan kondisi yang tidak normal sepanjang kehamilan, karena dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan. Yang jelas, di usia ini pembesaran perut sudah terlihat nyata.

Ciri lain yang tampak adalah perubahan pada payudara. Selain puting yang membesar, kulit di sekitarnya (areola) menjadi lebih gelap karena perubahan hormon. Salah satu tanda bahwa ASI telah mulai diproduksi adalah adanya tonjolan- tonjolan kelenjar air susu pada areola. Mungkin juga payudara mulai mengeluarkan kolostrum (ASI awal) di usia kehamilan 12-14 minggu. Gunakan breast pad dan bra dengan ukuran yang sesuai agar terasa nyaman. Untuk membersihkan payudara, Anda dapat menggunakan minyak zaitun atau krem pelembab kulit. Sebaiknya Anda juga mulai memijat payudara secara teratur.

Perubahan juga terjadi pada kulit Anda. DI usia kehamilan 16 minggu, peningkatan volume darah mengakibatkan kulit tampak lebih cerah. Namun, kadang muncul pula garis kehitaman (linea nigra) mulai dari pusar hingga sekitar rambut kemaluan. Sedangkan stretchmark juga dapat terjadi akibat kulit perut yang terlalu meregang. Sebaiknya Anda rajin mengoleskan krim pelembab atau minyak zaitun agar kulit tidak terlalu kering. Satu lagi, meskipun terasa gatal sebaiknya Anda tidak menggaruk perut karena stretchmark justru akan sulit hilang. Sementara di bagian leher, biasanya akan terjadi pigmentasi sehingga tampak kehitaman. Namun tak perlu khawatir, setelah melahirkan kulit Anda akan kembali normal.

Secara umum trimester kedua ini adalah saat-saat yang menyenangkan karena Anda sudah mulai beradaptasi dengan kehamilan; perut belum terlalu besar sehingga masih nyaman beraktivitas, sementara  mual dan muntah sudah jauh berkurang sehingga Anda lebih mudah makan. Berhati-hatilah dengan kenaikan berat badan yang berlebih, karena pada dasarnya di minggu ke-26 titik berat tubuh bergeser: tulang belakang condong ke belakang sementara tulang pinggang condong ke depan. Jika berat badan Anda berlebih, tulang-tulang Anda akan mendapat beban ekstra untuk menyangga tubuh.

Hal lain yang menyenangkan dari periode ini adalah interaksi dengan janin. Umumnya di usia ini, gerakan janin sudah dapat dirasakan dengan cara menempelkan tangan ke perut. Meskipun demikian, pada kehamilan pertama calon ibu biasanya masih sulit merasakan getaran-getaran dalam perut. Semakin lama gerakannya akan semakin mudah terasa, terutama ketika janin memutar tubuh, menggeliat atau menendang. Responlah dengan mengelus perut di bagian yang menonjol akibat gerakan janin. Janin juga dapat diajak bicara agar lebih mengenal suara kedua orangtuanya. Meskipun janin memang tidak selalu bergerak dan gerakan janin pada setiap Anda tidak sama, Anda tetap perlu mewaspadai bila janin Anda terlalu lama tidak bergerak. Pancinglah gerakan janin dengan berbaring atau makan. Jika janin tidak bergerak lebih dari 2 jam, sebaiknya Anda menghubungi dokter. Mungkin dokter akan melakukan pemeriksaan ultrasonografi dan kardiotografi (CTG, alat untuk mengukur detak jantung janin).

Trimester ketiga

Tubuh yang membesar membuat beban semakin berat. Di usia ini Anda cenderung mencodongkan tubuhnya ke belakang sehingga sering merasa sakit pinggang. Pembesaran rahim dan posisi kepala bayi juga akan mendorong kandung kemih sehingga Anda sering buang air kecil. Selain gangguan sering buang air, gerakan janin juga dapat menyebabkan Anda sulit tidur di malam hari. Cobalah mencari posisi tidur yang paling sesuai untuk Anda. Berbaring miring dengan menyelipkan bantal di antara kedua kaki bisa menjadi pilihan posisi tidur.

Penting diketahui bahwa keluarnya cairan vagina selama hamil merupakan hal yang wajar. Semakin tua usia kehamilan, cairan yang keluar akan berkurang kekentalannya. Karena itu Anda perlu menjaga kebersihan organ intimnya. Namun jika cairan tersebut berbau atau mengakibatkan gatal dan sakit di sekitar vagina, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Di usia 33-36 minggu, Anda mungkin akan merasa sulit bernapas karena posisi janin di bawah diafragma akan menekan paru-paru ibu. Tapi sekitar 2-3 minggu sebelum persalinan, kepala bayi akan turun ke rongga panggul dan Anda tak lagi sulit bernapas.

Menghadapi persalinan, Anda perlu mewaspadai adanya kontraksi. Namun jangan buru-buru panik karena mungkin saja yang dialami adalah kontraksi palsu. Dikenal dengan nama Braxton-Hicks -sesuai nama penemunya- kontraksi ini hampir serupa dengan kontraksi asli. Bahkan wanita yang telah beberapa kali mengalami kehamilan dan proses persalinan pun kadang terkecoh.

Kontraksi palsu biasanya memiliki rentang waktu yang tidak teratur, akan melemah saat Anda bangun atau berpindah tempat dan rasa sakit akan berkurang dengan sendirinya. Sementara kontraksi yang sesungguhnya memiliki rentang waktu yang teratur, semakin melilit jika Anda berpindah tempat dan intensitas sakitnya semakin kuat.

Hal penting lain yang perlu diantisipasi adalah kondisi mental Anda menjelang persalinan. Ketidaktahuan tentang proses ini seringkali membuat Anda cemas. Apalagi jika Anda mendapat masukan yang semakin membuat khawatir. Karenanya Anda perlu mencari sebanyak mungkin informasi dari sumber yang tepat.

Proses persalinan memang menimbulkan rasa sakit karena kontraksi pada rahim yang mendorong janin agar dapat keluar. Namun hal ini bukanlah sesuatu yang tak dapat diatasi.  Ketenangan menghadapi proses ini merupakan salah satu hal penting, karena kecemasan berlebihan saat melahirkan akan membuat otot-otot tubuh tegang, termasuk otot pada jalan lahir bayi. Akibatnya, otot yang menjadi kaku tidak dapat meregang dengan sempurna.

Ah, Itu Hanya Mitos

Makan untuk berdua

Kebutuhan kalori wanita hamil memang lebih tinggi daripada wanita yang tidak hamil, tapi itu tidak berarti Anda harus makan dua kali lebih banyak dari sebelum hamil. Yang paling penting adalah gizi lengkap dan seimbang. Pasalnya, kelebihan berat badan di saat hamil dapat memicu masalah kehamilan seperti diabetes , tekanan darah tinggi dan pre-eklampsia. Sementara ibu yang kurang gizi berisiko melahirkan bayi cacat atau bayi dengan berat badan kurang dari 2,5 kg.

Memotong atau menjahit baju selama kehamilan mengakibatkan anak akan lahir cacat.

Bibir sumbing biasanya karena pengaruh obat-obatan yang diminum ibu saat hamil, efek radiasi atau faktor genetik. Oleh karenanya penggunaan sinar x tidak dilakukan selama kehamilan kecuali atas indikasi tertentu.

Sering makan jeruk akan meningkatkan lendir pada paru-paru bayi dan risiko kuning saat lahir.

Jeruk adalah sumber vitamin C dan serat yang baik dan bukan penyebab bayi kuning. Ada banyak hal yang menyebabkan bayi lahir kuning. Penyebab umum adalah belum matangnya fungsi hati bayi untuk memproses eritrosit (sel darah merah). Sisa pemecahan eritrosit yang disebut bilirubin inilah yang menyebabkan kuning pada kulit dan bagian putih mata bayi. Ini adalah kuning yang bersifat fisiologis (normal).

Penyebab lain adalah peningkatan penghancuran sel darah merah yang disebabkan oleh :

· Ketidakcocokan golongan darah atau rhesus faktor antara ibu dan bayi.

· Adanya bentuk sel darah yang tidak sempurna.

· Darah yang terkumpul, contoh: karena bayi terpaksa divakum pada saat lahir.

· Infeksi.

Sering minum es saat hamil menyebabkan bayi besar dan akan sulit lahir.

Sebenarnya bukan es yang menyebabkan bayi besar karena air es akan dikeluarkan oleh tubuh sebagai keringat atau air seni. Namun jika Anda minum air es bersama gula atau sirup, karbohidrat yang terkandung di dalamnya membuat bayi memiliki bobot di atas rata-rata bayi normal. Bayi besar juga biasanya terjadi pada ibu dengan penyakit kencing manis.

Perawakan bayi lebih ditentukan oleh faktor genetik. Artinya, orangtua yang bertubuh tinggi besar sangat mungkin memiliki bayi montok. Selain itu, kecukupan asupan nutrisi juga berpengaruh pada perkembangan fisik bayi. Semakin baik kualitas gizi yang dikonsumsi ibu, semakin besar pula berat tubuh bayi itu.

Makan makanan pedas saat hamil akan menyebabkan bayi lahir dengan bercak kulit kemerahan atau bayi akan berkulit lebih gelap/hitam

atau

minum susu kacang atau makanan dari kacang kedelai membuat bayi berkulit putih

atau

Minum air kelapa akan menghaluskan kulit bayi

Warna kulit merupakan faktor genetik. Sebenarnya makanan pedas yang merangsang mulas sebaiknya dihindari oleh ibu hamil dengan riwayat keguguran. Rasa mulas ini dapat menimbulkan kontraksi dalam rahim, sehingga risiko keguguran akan meningkat. Demikian pula makanan yang asam tidak disarankan karena dapat memicu penyakit maag. Apalagi kadar asam lambung saat hamil umumnya meningkat. Tentu saja jika Anda tidak memiliki riwayat penyakit maag atau penyakit lain yang dapat diperberat oleh asam, boleh saja sesekali menikmati makanan asam yang menyegarkan. Sementara makanan asin pun sebaiknya dibatasi, terutama bagi Anda dengan riwayat penyakit darah tinggi. Selain itu, garam bersifat menyerap air sehingga dapat menimbulkan pembengkakan di sekujur tubuh.

Bila denyut jantung bayi cepat, berarti bayinya perempuan

Kecepatan denyut janin ditentukan oleh usia janin, bukan oleh jenis kelaminnya. Sekitar lima minggu kehamilan denyut jantung janin mendekati denyut jantung ibu, dan akan bertambah cepat sampai minggu kesembilan. Lalu akan menurun pada pertengahan kehamilan. Kondisi ini terjadi pada semua janin.

Puting payudara berwarna gelap saat hamil, berarti bayi laki-laki

Perubahan warna puting payudara sama sekali tak berhubungan dengan jenis kelamin bayi. Perubahan warna tersebut disebabkan peningkatan progesteron dan melanocyte, hormon yang mengatur pigmentasi kulit. Puting susu, bercak kelahiran, tahi lalat, atau tanda-tanda lain dapat menjadi lebih gelap warnanya selama hamil dan akan memudar setelah melahirkan.

Bila kandungan berat ke bawah berarti laki-laki, ke atas perempuan

Bila kandungan ke atas, berarti kehamilan pertama dan tubuh ibu masih bagus. Otot perut cenderung semakin elastis pada setiap kehamilan. Jadi, pada kehamilan kedua dan seterusnya, perut cenderung semakin turun.

Ingin melahirkan normal, jangan berlaku kasar pada hewan

Hingga kini tak ada bukti medis tentang pantangan ini. Namun dalam kondisi apapun memang sebaiknya tidak bersikap kasar pada hewan, jika tidak dirugikan.

Ibu hamil sering bermimpi

Mimpi adalah perwujudan perasaan seseorang. Mimpi yang sering dialami oleh ibu hamil biasanya perwujudan dari rasa penasaran akan proses persalinan dan wujud bayinya kelak.

Janin akan tumbuh lebih besar dan sehat jika ibu makan banyak

Yang paling penting ada makan secukupnya dan tidak terlalu gemuk. Kegemukan saat hamil, rentan menyebabkan diabetes gestational (diabetes selama kehamilan) dan proses persalinan yang sulit.

Minum rebusan air kacang hijau membuat rambut bayi tebal

Kondisi rambut serta jenis rambut ditentukan olef faktor genetik, jadi tak ada hubungannya dengan air rebusan kacang hijau.

Menyematkan benda tajam pada baju atau  bangle (semacam jahe) akan melindungi janin dari ‘gangguan’ supranatural

Satu-satunya gangguan yang dapat dialami janin di dalam perut ibu adalah masalah kesehatan. Ibu hamil disarankan banyak berdoa dan hidup sehat agar bayi yang akan dilahirkan selalu dalam kondisi baik dan sehat.

USG berbahaya jika dilakukan setiap kali periksa kehamilan

Sejak pertama kali ditemukan, pemeriksaan  USG tidak mengakibatkan gangguan pada ibu dan janin. USG sangat aman karena menggunakan gelombang suara 20.000 hertz dan dipakai secara menyebar.

Biar bayi cerdas dan persalinan lancar, sering-seringlah berhubungan intim selagi hamil.

Kondisi janin dalam kandungan tidak berkaitan dengan jumlah sperma dan frekuensi hubungan intim. Sehat dan cerdasnya seorang anak tidak dipengaruhi oleh kualitas sperma suami, melainkan faktor genetik orangtuanya.

Kalau mual muntah berarti bayinya laki-laki

Morning sickness yang berupa mual-muntah akibat ketidakseimbangan hormon kerap dialami ibu hamil di trimester 1. Namun tidak semua wanita mengalami gangguan mual-muntah dan tidak semua keluhan mual-muntah muncul di pagi hari. Bisa saja terjadi pada siang, sore bahkan malam hari. Karena itu tidak ada hubungan antara mual-muntah dengan jenis kelamin bayi.

Jangan makan pisang, nanas dan mentimun

Buah-buahan ini dipercaya dapat mengakibatkan keputihan. Bahkan nanas diyakini bisa menyebabkan keguguran. Padahal ketiganya kaya vitamin C dan serat yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh, disamping melancarkan proses pembuangan sisa-sisa pencernaan. Sementara itu, tidak semua keputihan bersifat membahayakan. Sebab, pada masa hamil keluarnya cairan vagina adalah hal yang normal.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: