Amanda Setiorini

Amanda.my.id

Happy Yoga

Wanita usia 35+ tentu menginginkan keseimbangan jiwa dan raga. Untuk itulah, dalam rangkaian Happy Saturday Special ini Pesona mengajak pembacanya melakukan yoga dan meditasi. Acara ini dipimpin oleh Made Suambara dari Anahata Villa & Spa Resort.

Anahata terletak di banjar (dusun) Umah Anyar. Lokasinya berada di antara kerimbunan pohon-pohon besar. Bahkan untuk mencapainya dari jalan raya, kami harus melewati jalan desa sepanjang 1,5 km yang belum rata, dengan hamparan sawah terasering di tiap sisi jalan yang memulai musim tanamnya. Wah, benar-benar tempat yang ideal untuk yoga dan meditasi.

Yoga dilaksanakan pagi pertama setelah kami tiba di Anahata. Bermeditasi di tengah hawa pegunungan yang sejuk dan segar ternyata sangat berbeda. Menurut Made Suambara, kita harus dapat merasakan irama napas –yang ditarik dan dikeluarkan lewat hidung- untuk mencapai relaksasi. Di tengah ketergesaan sehari-hari, bernapas adalah refleks yang hampir tidak pernah kita sadari. Namun saat benar-benar memperhatikan irama napas, kita dapat merasakan sensasi yang berbeda.

Pada yoga pertama ini peserta belajar gerakan-gerakan sederhana. Menjelang akhir kegiatan, kami diajarkan untuk relaksasi. Caranya dengan tidur terlentang dan memejamkan mata. Kami melemaskan dan mengistirahatkan tubuh, mulai dari kaki hingga kepala. Dengan suara yang tenang, Pak Suambara membawa kami merenungi dan menyadari betapa tubuh telah bekerja keras untuk kami selama ini. Saking rileksnya, saya tertidur…

Yoga kedua diadakan pada hari Minggu, hari terakhir kami di Bali. Kali ini gerakan-gerakan yang telah dipelajari sebelumnya diarahkan untuk mengatur pusat-pusat energi dalam tubuh kita. Di antaranya ada pusat energi di sekitar alat kelamin dan anus, pusar, dada, leher, dan kening. Gerakan apapun yang dilakukan, peserta harus tetap memusatkan pikiran pada bagian tubuh yang menjadi pusat energi sambil tetap merasakan irama napas. Di akhir yoga, Pak Suambara mengatakan bahwa dua hal penting yang harus dilakukan mulai hari ini adalah merasakan irama napas dan tersenyum semanis mungkin. Smile!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: